Capaian Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN
SIKAP
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S7Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S8Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S9Berperan sebagai generasi literat yang kritis terhadap segala informasi yang diterima dan peduli terhadap lingkungan sekitar
S10Menunjukkan sikap kreatif dan produktif terhadap perkembangan teknologi
KETERAMPILAN UMUM
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, IPS, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn)
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KU10Mampu mengembangkan modul, buku suplemen, dan buku cerita anak yang inovatif dan bermutu bagi siswa sekolah dasar
KU11Mampu mengelola platform education seperti, edmodo, google classroom, google meet, zoom cloud meeting, lectora, dan quiziz.
KETERAMPILAN KHUSUS
KK1Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
KK2Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
KK3Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
KK4Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
KK5Mampu merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
KK6Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan.
KK7Mampu menerapkan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
KK8Mampu menyelesaiakan permasalahan dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearfian lokal.
KK9Mampu menerapkan ilmu manajemen kepustakaan sehingga dapat mengelola perpustakaan sekolah dengan baik.
KK10Mampu merancang menghasilkan media pembelajaran yang bermutu sehingga dapat dideseminasikan di berbagai sekolah dasar.
PENGETAHUAN
P1Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar
P2Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar.
P3Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK
P4Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
P5Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
P6Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar.
P7Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
P8Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal.
P9Menguasai teori literasi dasar dan implementasi gerakan literasi sekolah khususnya pada tahap pembiasaan, pengembangan, serta pembelajaran di sekolah dasar.
P10Menguasai konsep dan teknik dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif baik visual maupun audio visual.