Home List Artikel Dosen UNUSIDA Hibahkan Alat Panggang Ikan Multufingsi (APIM) di UKM Mina Sekar Desa Tambak Oso

Dosen UNUSIDA Hibahkan Alat Panggang Ikan Multufingsi (APIM) di UKM Mina Sekar Desa Tambak Oso



Penggunaan alat panggang ikan tradisional oleh UKM Mina Sekar Tambak Oso, Waru menginisiasi dosen Universitas NU Sidoarjo (Unusida) Muchammad Tamyiz bersama tim membuatkan alat panggang baru untuk mereka. Alat itu berupa Alat Panggang Ikan Multifungsi (APIM) untuk meningkatkan hiegenitas dan peningkatan jumlah produksi.


Menurut Tamyiz, alat tersebut merupakan pengganti alat tradisonal yang selama ini dipakai dengan  tingkat hiegenitas yang masih kurang. “Setelah diteliti produk olahan ikan masih tercemar dengan debu dan partikel lain,” katanya Selasa, 10 Agustus 2019.


Selain menjaga hiegenitas, APIM juga memiliki 3 fungsi berbeda, yakni pemanggang, pembakar, dan pengasap ikan.
Usai memberikan bantuan, tim juga memberi pelatihan tentang penggunaan APIM. Pasalnya, alat tersebut juga bisa digunakan untuk memasak berbagai macam ikan.  
Jika dibandingkan dengan alat tradisional, hasil APIM lebih banyak, karena dalam sekali masak bisa menghasilkan 10 hingga 12 ekor ikan olahan. Jumlah tersebut lebih banyak dari alat sebelumnya yang hanya menghasilkan 5 ekor ikan olahan.


APIM merupakan alat berbahan bakar elpiji, sehingga suhunya bisa diatur. Panasnya yang stabil menghasilkan kematangan ikan yang merata.





Agenda Terkini

16 Jan

LKKMD